Rabu, 16 November 2016

Al Mulakhash Fiqh (Fiqh Ringkas) 2

┏━━━━━━━━━━━━━━━💧🌷━━┓
          ❝ K.A.J.I.A.N  F.I.Q.H ❞
┗━━🌷💧━━━━━━━━━━━━━━━┛

Kitab: Al Mulakhash Fiqh (Fiqh Ringkas).

Karya: Syaikh Shalih bin Fauzan bin Abdillah Al-Fauzan hafizhahullah.​

▫Pertemuan. 2

ﻛﺘﺎﺏ اﻟﻄﻬﺎﺭﺓ
<ﺑﺎﺏ ﻓﻲ ﺃﺣﻜﺎﻡ اﻟﻄﻬﺎﺭﺓ ﻭاﻟﻤﻴﺎﻩ>

✍&#0;ﺇﻥ اﻟﺼﻼﺓ ﻫﻲ اﻟﺮﻛﻦ اﻟﺜﺎﻧﻲ ﻣﻦ ﺃﺭﻛﺎﻥ اﻹﺳﻼﻡ ﺑﻌﺪ اﻟﺸﻬﺎﺩﺗﻴﻦ، ﻭﻫﻲ اﻟﻔﺎﺭﻗﺔ ﺑﻴﻦ اﻟﻤﺴﻠﻢ ﻭاﻟﻜﺎﻓﺮ، ﻭﻫﻲ ﻋﻤﻮﺩ اﻹﺳﻼﻡ، ﻭﺃﻭﻝ ﻣﺎ ﻳﺤﺎﺳﺐ ﻋﻨﻪ اﻟﻌﺒﺪ، ﻓﺈﻥ ﺻﺤﺖ ﻭﻗﺒﻠﺖ؛ ﻗﺒﻞ ﺳﺎﺋﺮ ﻋﻤﻠﻪ، ﻭﺇﻥ ﺭﺩﺕ؛ ﺭﺩ ﺳﺎﺋﺮ ﻋﻠﻤﻪ.

✍&#0;ﻭﻗﺪ ﺫﻛﺮﺕ اﻟﺼﻼﺓ ﻓﻲ ﻣﻮاﻃﻦ ﻛﺜﻴﺮﺓ ﻣﻦ اﻟﻘﺮﺁﻥ اﻟﻜﺮﻳﻢ ﻋﻠﻰ ﺻﻔﺎﺕ ﻣﺘﻨﻮﻋﺔ؛ ﻓﺘﺎﺭﺓ ﻳﺄﻣﺮ اﻟﻠﻪ ﺑﺈﻗﺎﻣﺘﻬﺎ، ﻭﺗﺎﺭﺓ ﻳﺒﻴﻦ ﻣﺰﻳﺘﻬﺎ، ﻭﺗﺎﺭﺓ ﻳﺒﻴﻦ ﺛﻮاﺑﻬﺎ، ﻭﺗﺎﺭﺓ ﻳﻘﺮﻧﻬﺎ ﻣﻊ اﻟﺼﺒﺮ ﻭﻳﺄﻣﺮ ﺑﺎﻻﺳﺘﻌﺎﻧﺔ ﺑﻬﻤﺎ ﻋﻠﻰ اﻟﺸﺪاﺋﺪ.

✍&#0;ﻭﻣﻦ ﺛﻢ ﻛﺎﻧﺖ ﻗﺮﺓ ﻋﻴﻦ اﻟﺮﺳﻮﻝ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻣﻦ ﻫﺬﻩ اﻟﺪﻧﻴﺎ؛ ﻓﻬﻲ ﺣﻠﻴﺔ اﻟﻨﺒﻴﻴﻦ، ﻭﺷﻌﺎﺭ اﻟﺼﺎﻟﺤﻴﻦ، ﻭﻫﻲ ﺻﻠﺔ ﺑﻴﻦ اﻟﻌﺒﺪ ﻭﺑﻴﻦ ﺭﺏ اﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ، ﻭﻫﻲ ﺗﻨﻬﻰ ﻋﻦ اﻟﻔﺤﺸﺎء ﻭاﻟﻤﻨﻜﺮ.

✍&#0;ﻭﻟﻤﺎ ﻛﺎﻧﺖ ﻫﺬﻩ اﻟﺼﻼﺓ ﻻ ﺗﺼﺢ ﺇﻻ ﺑﻄﻬﺎﺭﺓ اﻟﻤﺼﻠﻲ ﻣﻦ اﻟﺤﺪﺙ ﻭاﻟﻨﺠﺲ ﺣﺴﺐ اﻟﻘﺪﺭﺓ ﻋﻠﻰ ﺫﻟﻚ، ﻭﻛﺎﻧﺖ ﻣﺎﺩﺓ اﻟﺘﻄﻬﺮ ﻫﻲ اﻟﻤﺎء ﺃﻭ ﻣﺎ ﻳﻘﻮﻡ ﻣﻘﺎﻣﻪ ﻣﻦ اﻟﺘﻴﻤﻢ ﻋﻨﺪ ﻋﺪﻡ اﻟﻤﺎء؛ ﺻﺎﺭ اﻟﻔﻘﻬﺎء ﺭﺣﻤﻪ اﻟﻠﻪ ﻳﺒﺪﺅﻭﻥ ﺑﻜﺘﺎﺏ اﻟﻄﻬﺎﺭﺓ...

Kitab Thaharah
{Hukum-Hukum Bersuci dan Air}

Sesungguhnya shalat adalah rukun yang kedua dari rukun- rukun Islam, yakni sesudah persaksian dua kalimat sahadat, shalat merupakan pembeda antara muslim dan kafir (ketika dia mengikari kewajiban shalat pent), Shalat adalah tiangnya Islam dan pertama kali yang akan dihisab dihari kiamat dari seorang hamba, jika shalatnya sah dan diterima Allah ta'ala maka amalan seluruhnya akan diterima, Dan jika shalatnya tertolak maka tertolaklah seluruh amalnya.

Didalam Al-Quran shalat disebutkan dalam banyak ayat dengan berbagai konteks bahasan, Maka terkadang Allah memerintahkan supaya shalat ditegakan, dan terkadang Allah mejelaskan keistimewaan shalat, dan terkadang menyandingkan shalat dengan kesabaran, Dan Allah ta'ala memerintahkan dengan sabar dan shalat untuk menghadapi berbagai kesulitan.

Dan oleh karena itu shalat menjadi penyejuk pandangan Rasul shalallahu 'alaihi wassalam dari perhiasan dunia ini, Shalat adalah hiasan para nabi dan simbol orang-orang shalih, dan shalat adalah penghubung antara hamba dengan Rabb semesta alam, dan shalat pencegah perbuatan keji dan munkar.

Manakala telah disebutkan tidak akan sah shalat seseorang kecuali dengan bersuci dari hadats serta najis sebatas kemampuannya, sementara sarana yang digunakan untuk bersuci adalah air atau yg bisa menggantikanya seperti tayammum, pada saat tidak ada air.

Maka para ulama fiqih rahimahullah mereka memulai pembahasan fiqih dari Kitab Thaharah (Kitab Bersuci).

Bersambung insya Allah..

______
Diterjemahkan Akhukum Fillah. Abu Amina Al-jawiy Dipondok Yatim Non Yatim An Nashihah Cepu.

Dipublikasikan; Kamis, 29 Dzulqa'dah 1437 H / 01 September 2016 M​.

» http://saalikatmanhajsalaf.blogspot.co.id/
» bit.ly/Saalikat_ManhajSalaf

Majmu'ah Saalikat Manhaj Salaf

This entry was posted in

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.