Minggu, 06 November 2016

Al Mulakhash Fiqh (Fiqh Ringkas) 3

┏━━━━━━━━━━━━━━━💧🌷━━┓
          ❝ K.A.J.I.A.N  F.I.Q.H ❞
┗━━🌷💧━━━━━━━━━━━━━━━┛

Kitab: Al Mulakhash Fiqh (Fiqh Ringkas).

Karya: Syaikh Shalih bin Fauzan bin Abdillah Al-Fauzan hafizhahullah.


ﻛﺘﺎﺏ اﻟﻄﻬﺎﺭﺓ
<ﺑﺎﺏ ﻓﻲ ﺃﺣﻜﺎﻡ اﻟﻄﻬﺎﺭﺓ ﻭاﻟﻤﻴﺎﻩ>

ﻭﻣﻦ ﺛﻢ ﻛﺎﻧﺖ ﻗﺮﺓ ﻋﻴﻦ اﻟﺮﺳﻮﻝ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻣﻦ ﻫﺬﻩ اﻟﺪﻧﻴﺎ؛ ﻓﻬﻲ ﺣﻠﻴﺔ اﻟﻨﺒﻴﻴﻦ، ﻭﺷﻌﺎﺭ اﻟﺼﺎﻟﺤﻴﻦ، ﻭﻫﻲ ﺻﻠﺔ ﺑﻴﻦ اﻟﻌﺒﺪ ﻭﺑﻴﻦ ﺭﺏ اﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ، ﻭﻫﻲ ﺗﻨﻬﻰ ﻋﻦ اﻟﻔﺤﺸﺎء ﻭاﻟﻤﻨﻜﺮ.

ﻭﻟﻤﺎ ﻛﺎﻧﺖ ﻫﺬﻩ اﻟﺼﻼﺓ ﻻ ﺗﺼﺢ ﺇﻻ ﺑﻄﻬﺎﺭﺓ اﻟﻤﺼﻠﻲ ﻣﻦ اﻟﺤﺪﺙ ﻭاﻟﻨﺠﺲ ﺣﺴﺐ اﻟﻘﺪﺭﺓ ﻋﻠﻰ ﺫﻟﻚ، ﻭﻛﺎﻧﺖ ﻣﺎﺩﺓ اﻟﺘﻄﻬﺮ ﻫﻲ اﻟﻤﺎء ﺃﻭ ﻣﺎ ﻳﻘﻮﻡ ﻣﻘﺎﻣﻪ ﻣﻦ اﻟﺘﻴﻤﻢ ﻋﻨﺪ ﻋﺪﻡ اﻟﻤﺎء؛ ﺻﺎﺭ اﻟﻔﻘﻬﺎء ﺭﺣﻤﻪ اﻟﻠﻪ ﻳﺒﺪﺅﻭﻥ ﺑﻜﺘﺎﺏ اﻟﻄﻬﺎﺭﺓ...

ﻷﻧﻬﺎ ﻟﻤﺎ ﻗﺪﻣﺖ اﻟﺼﻼﺓ ﺑﻌﺪ اﻟﺸﻬﺎﺩﺗﻴﻦ ﻋﻠﻰ ﻏﻴﺮﻫﺎ ﻣﻦ ﺑﻘﻴﺔ ﺃﺭﻛﺎﻥ اﻹﺳﻼﻡ؛ ﻧﺎﺳﺐ ﺗﻘﺪﻳﻢ ﻣﻘﺪﻣﺎﺗﻬﺎ، ﻭﻣﻨﻬﺎ اﻟﻄﻬﺎﺭﺓ، ﻓﻬﻲ ﻣﻔﺘﺎﺡ اﻟﺼﻼﺓ؛ ﻛﻤﺎ ﻓﻲ اﻟﺤﺪﻳﺚ: "ﻣﻔﺘﺎﺡ اﻟﺼﻼﺓ اﻟﻄﻬﻮﺭ"،

ﻭﺫﻟﻚ ﻷﻥ اﻟﺤﺪﺙ ﻳﻤﻨﻊ اﻟﺼﻼﺓ؛ ﻓﻬﻮ ﻛﺎﻟﻘﻔﻞ ﻳﻮﺿﻊ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺤﺪﺙ، ﻓﺈﺫا ﺗﻮﺿﺄ؛ اﻧﺤﻞ اﻟﻘﻔﻞ.
ﻓﺎﻟﻄﻬﺎﺭﺓ ﺃﻭﻛﺪ ﺷﺮﻭﻁ اﻟﺼﻼﺓ، ﻭاﻟﺸﺮﻁ ﻻ ﺑﺪ ﺃﻥ ﻳﻘﺪﻡ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺸﺮﻭﻁ.

Pertemuan ke 3

Kitab Thaharah
«Bab Hukum-Hukum Bersuci dan Air»

Dan oleh karena itu shalat menjadi penyejuk pandangan Rasul shalallahu 'alaihi wassalam dari perhiasan dunia ini, Shalat adalah hiasan para nabi dan simbol orang-orang shalih, dan shalat adalah penghubung antara hamba dengan Rabb semesta alam, dan shalat pencegah perbuatan keji dan munkar.

Manakala telah disebutkan tidak akan sah shalat seseorang kecuali dengan bersuci dari hadats serta najis sebatas kemampuannya, sementara sarana yabg digunakan untuk bersuci adalah Air atau yang bisa menggantikanya seperti tayammum, pada saat tidak ada air. Maka para ulama fiqih rahimahullah mereka memulai pembahasan fiqih dari Kitab Thaharah (Kitab Bersuci)

Dikarenakan setelah dua kalimat syahadat, shalat lebih diutamakan dari rukun- rukun islam yang lainya, maka sepantasnya yang menjadi pendahuluan shalat adalah bersuci, yakni yang dijadikan pendahuluan pembahasanya, karena bersuci adalah kuncinya shalat, sebagaimana didalam hadits disebutkan :

"ﻣﻔﺘﺎﺡ اﻟﺼﻼﺓ اﻟﻄﻬﻮﺭ"

"Kunci Sholat adalah bersuci" (Dishahihkan oleh Syaikh Albaniy dalam Irwa' Alghalil)

Dan yang demikian itu dikarenakan hadats itu menghalangi shalat , hadats ibarat gembok yang dipakaikan pada tubuh orang yang berhadats, maka jika ia berwudhu gembok akan terlepas.

Bersuci adalah syarat sahnya shalat yang utama, dan syarat sebuah ibadah harus dipenuhi dari yang dipersyaratkan ibadah tersebut.

Bersambung insya Allah..

______

Diterjemahkan Akhukum Fillah. Abu Amina Al-jawiy Dipondok Yatim Non Yatim An Nashihah Cepu.

Dipublikasikan; Kamis, 20 Dzulhijjah 1437 H / 22 september 2016 M​.

» http://saalikatmanhajsalaf.blogspot.co.id/
» bit.ly/Saalikat_ManhajSalaf

Majmu'ah Saalikat_ManhajSalaf

This entry was posted in

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.