Senin, 18 April 2016

Asbaab Sa'adatil Usrah (Pertemuan ke 17)

📚 Kajian Bahteraku 📚
    [ Pertemuan ke.17 ]

📖 Dari Kitab:
Asbaab Sa'adatil Usrah.

🎀 AGAR RUMAH TANGGA BAHAGIA 🎀

✒Karya: Fadhilatus Syaikh Sulaiman bin Salimillah Ar Ruhaili hafizhahullah ta'ala
_______________________

   🏠👍🏽Lelaki yang berjalan di atas manhaj shalihin dalam rumahnya, dia akan memberikan kepada istrinya hak-haknya yang telah Allah jadikan kewajiban baginya untuk ditunaikan terhadapnya.

✋🏼🗯 Dia tidak akan mencela dan menjelek-jekekkan istrinya. Tidak mencaci maki dan tidak melaknat istrinya. Dia tidak melaknat istrinya, kenapa? Sebab dia tahu bahwasanya pernah dikatakan kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, “Apa hak istri salah satu dari kami atas kami? Beliau menjawab,

🕯 أَنْ تُطْعِمَهَا إِذَا طَعِمْتَ، وَتَكْسُوَهَا إِذَا اكْتَسَيْتَ، وَلَا تَضْرِبْ الْوَجْهَ، وَلَا تُقَبِّحْ، وَلَا تَهْجُرْ إِلَّا فِي الْبَيْتِ.

🕯“Kamu memberinya makan jika kamu makan, kamu menyandanginya jika kamu memiliki sandang, tidak memukul wajahnya, tidak mencaci makinya, dan tidak memboikotnya kecuali di dalam rumah.”

👀 Dia tidak akan menyelidiki dan menghisab istrinya dalam setiap tindakannya, sebab dia tahu bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

🕯 اسْتَوْصُوا بِالنِّسَاءِ، فَإِنَّ الْمَرْأَةَ خُلِقَتْ مِنْ ضِلَعٍ، وَإِنَّ أَعْوَجَ شَيْءٍ فِي الضِّلَعِ أَعْلَاهُ، فَإِنْ ذَهَبْتَ تُقِيمُهُ كَسَرْتَهُ، وَإِنْ تَرَكْتَهُ لَمْ يَزَلْ أَعْوَجَ، فَاسْتَوْصُوا بِالنِّسَاءِ خَيْرًا!

🕯“Nasehatkan kebaikan kepada para wanita! Sebab wanita itu tercipta dari tulang rusuk, dan tulang rusuk yang paling bengkok adalah yang paling atas. Jika kamu bersikeras meluruskannya, pasti kamu mematahkannya. Namun jika kamu tetap membiarkannya, dia tetap akan bengkok. Oleh sebab itu, nasehatkan kebaikan kepada para wanita!”

  🔐Jika seorang suami memegangi manhaj shalihin di dalam rumahnya, niscaya akan terwujud kebahagian dalam rumahnya. Akan terwujud kebaikkan yang sangat banyak dalam rumah tangga itu.

  🌹🎀 Demikian pula istri, berjalan di atas manhaj wanita-wanita yang shalihah. Sangat mengagungkan hak-hak suaminya, mengagungkan hak-hak keluarganya.

👍🏽🎗 Sebab dia tahu bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam sangat mengagungkan hak suami atasnya. Ini adalah masalah yang sangat agung yang aku telah menyendirikan pembahasannya dalam ceramah yang telah direkam dengan judul Huquq Az Zaujain (Hak-hak Suami Istri).

📀📼 Aku sebutkan di dalamnya hak-hak suami istri yang tsabit (shahih) dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Tidak diragukan, jikalau hak-hak tersebut diamalkan sebagaimana yang ditunjukkan oleh As Sunnah, niscaya akan menjadi sebab terbesar dalam membangun kebahagiaan rumah tangga.

🍃Bersambung insya Allah...

✍ Diterjemahkan oleh: Al Ustadz. Abu Hudzaifah Ahmad bin Kadiyat حفظه الله ورعاه.


📮Dipublikasikan: Sabtu, 1 Rajab 1437H || 09 April 2016M.

» http://saalikatmanhajsalaf.blogspot.co.id/

» bit.ly/Saalikat_ManhajSalaf

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.