Sabtu, 23 April 2016

Asbaab Sa'adatil Usrah (Pertemuan ke 15)

📚 Kajian Bahteraku 📚
     [Pertemuan ke. 15]

📖 Dari Kitab:
Asbaab Sa'adatil Usrah.

🎀 AGAR RUMAH TANGGA BAHAGIA 🎀

✒Karya: Fadhilatus Syaikh Sulaiman bin Salimillah Ar Ruhaili hafizhahullah ta'ala
_______________________

8⃣. SEBAB KEDELAPAN
🍃🌹TA’AWUN YANG BAIK🌹🍃

   👍🏼🏡 Termasuk sebab yang bisa mendatangkan kebahagiaan rumah tangga adalah berdirinya ta’awun antara sesama anggota keluarga untuk melakukan kebaikan.

💍 Hendaknya suami-istri semangat untuk menjalankan yang seperti itu dan hendaknya kedua orang tua mendidik anak-anaknya untuk membiasakan ta’awun yang seperti itu.

📖 Allah ‘Azza wa Jalla berfirman,

“Dan saling tolong menolonglah kalian dalam mewujudkan kebaikan dan ketakwaan!”
[Al Maidah: 2]

☝🏽🏚Apabila terbentuk ta’awun dalam rumah tangga, maka akan dihasilkan ketenangan dan kebahagiaan. Marilah kita bersama-sama memperhatikan satu perkara yang dibimbingkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Di dalamnya terdapat satu kelezatan di antara kelezatan-kelezatan dunia. Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

🍃 رَحِمَ اللَّهُ رَجُلًا قَامَ مِنْ اللَّيْلِ، فَصَلَّى ثُمَّ أَيْقَظَ امْرَأَتَهُ، فَصَلَّتْ، فَإِنْ أَبَتْ نَضَحَ فِي وَجْهِهَا الْمَاءَ؛ وَرَحِمَ اللَّهُ امْرَأَةً قَامَتْ مِنْ اللَّيْلِ، فَصَلَّتْ، ثُمَّ أَيْقَظَتْ زَوْجَهَا فَصَلَّى، فَإِنْ أَبَى نَضَحَتْ فِي وَجْهِهِ الْمَاءَ.

✍🏾“Semoga Allah merahmati seorang lelaki yang bangun malam, kemudian shalat dan membangunkan istrinya hingga shalat. Jika si istri enggan dia percikkan air ke wajahnya. Semoga Allah merahmati seorang wanita yang bangun malam, kemudian shalat dan membangunkan suaminya hingga shalat. Dan jika suami enggan, dia percikkan air ke wajahnya.”

🎀 Alangkah indahnya ta’awun dalam kebaikan ini!

🌌 Suami bangun malam kemudian shalat malam. Dia pun mengharapkan istrinya dari kebaikan tersebut, bahkan dia membangunkannya dan jika enggan, dia ambil air kemudian dia percikkan ke wajah istrinya agar istrinya bangun.

🌹👆🏼Demikian halnya si istri. Dia bangun malam kemudian menjalankan shalat, lalu membangunkan suaminya. Apabila suaminya enggan, dia ambil air lalu dia percikkan ke wajah suaminya agar bangun shalat malam.

👍🏼🏠 Sungguh, itulah keluarga yang dibangun di atas ta’awun untuk mewujudkan kebaikan.

🎁💐 Sehingga keluarga menjadi bahagia karenanya. Adapun tatkala keluarga tidak membangun ta’awun di antara mereka untuk mewujudkan kebaikan, bisa jadi meletus seperti gunung api yang meletus dan tidak terwujud kebahagiaan di dalamnya.

✍ Diterjemahkan oleh: Al Ustadz. Abu Hudzaifah Ahmad bin Kadiyat حفظه الله ورعاه.


Dipublikasikan: Sabtu, 10  Jumadil Akhir 1437H || 19 Maret 2016M.

» http://saalikatmanhajsalaf.blogspot.co.id/

» bit.ly/Saalikat_ManhajSalaf

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.