Rabu, 16 November 2016

Kitab At Tauhid 18

╔═════════════ ❁✿❁ ╗
       ❝ KAJIAN  TAUHID ❞
╚═══ ❁✿❁ ══════════╝

Kitab: Al-Mulakhosh fii Syarh Kitabut Tauhid.

Karya: Syaikh Shalih bin Fauzan bin Abdillah Al-Fauzan hafizhahullah.

PERTEMUAN KE 18🖇

Dari Hushain bin Abdirrahman, dia berkata:

Aku pernah berada di sisi Sa'id bin Jubair, lalu dia berkata: "Siapakah diantara kalian yang tadi malam melihat bintang jatuh?",
Kemudian aku menjawab: "Saya."
Lalu aku berkata lagi: "Saat itu saya tidak sedang shalat malam, akan tetapi karena saya disengat binatang."
Sa'id berkata: "Lalu apa yang kamu lakukan?"
Aku menjawab: "Saya mencari orang untuk meruqyah saya."
Sa'id berkata: "Apa yang membuatmu melakukan hal itu?"
Aku menjawab: "Karena sebuah hadits dari Asy-Sya'bi."
Sa'id berkata: "Apa yang ia sampaikan kepada kalian?"
Aku menjawab: "Buraidah bin Al-Hushaib menyampaikan hadits kepada kami bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda (yang artinya):

"Tidak ada ruqyah kecuali pada penyakit 'ain dan (karena) disengat."

⏯Sa'id berkata: "Sungguh bagus seseorang yang beramal sesuai apa yang ia dengar (berdasarkan dalil, pent). Akan tetapi Ibnu Abbas telah menyampaikan kepadaku bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda (yang artinya): 

"Diperlihatkan umat-umat kepadaku, lalu aku melihat seorang nabi yang memiliki beberapa orang pengikut. Dan seorang nabi yang memiliki seorang dan dua orang pengikut. Bahkan ada seorang nabi yang tidak memiliki satu pengikut pun. Kemudian diperlihatkan kepadaku umat yang banyak, aku menyangka bahwa mereka adalah umatku. Lalu dikatakan kepadaku bahwa ini adalah Musa dan pengikutnya. Setelah itu aku melihat umat yang banyak, lalu dikatakan kepadaku ini adalah umatmu. Diantara mereka ada tujuh puluh ribu orang yang masuk surga tanpa dihisab dan tanpa disiksa."

Setelah itu Rasulullah bangkit dan masuk ke rumah beliau. Maka para shahabat membahas tentang tujuh puluh ribu orang tersebut. Sebagian berkata: "Mungkin mereka adalah para shahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam." Sebagian lagi mengatakan: "Mungkin mereka adalah orang-orang yang lahir dalam keadaan islam dan tidak menyekutukan Allah dengan sesuatupun." Sebagian lagi menyebutkan yang lainnya.

Kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam datang dan menyampaikan siapakah mereka. Beliau bersabda (yang artinya):

"Mereka adalah orang-orang yang tidak minta diruqyah, tidak minta dikay dan bertathayyur dan hanya kepada Allah mereka bertawakal."

Lalu Ukasyah bin Mihshan berdiri dan berkata: "(Wahai Rasulullah) berdoalah kepada Allah agar menjadikan saya termasuk dari mereka."
Lalu beliau berkata: "Engkau termasuk dari mereka."

Kemudian ada orang lain yang berdiri dan berkata: "(Wahai Rasulullah) berdoalah kepada Allah agar menjadikan saya termasuk dari mereka. Lalu beliau bersabda: Ukasyah telah mendahuluimu." (muttafaqun 'alaihi)

Bersambung insya Allah..

(Mulakhas Syarh Kitab At-Tauhid hal:36-37)

____________
Diterjemahkan Oleh: Redaktur Saalikat.

Rabu, 02 Shafar 1438H/ 02 November 2016.

» http://saalikatmanhajsalaf.blogspot.co.id/
» bit.ly/Saalikat_ManhajSalaf

Majmu'ah Saalikat Manhaj Salaf

This entry was posted in

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.