📚 Kajian Akidah 📚
[ Pertemuan ke 12 ]
📒Dari Kitab: Al Qawa'idul Arba'
( 4 Landasan Dalam Berakidah)
✒️Karya: Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah.
______________________________
🔊 Berkata Syaikhul Islam Muhammad bin Abdil Wahhab rahimahullah:
🌼 القاعدة الثانية :
أَنَّهُمْ يَقُولُونَ: مَا دَعْوَنَاهُمْ وَتَوَجَّهْنَا إِلَيْهِمْ إِلاَّ لِطَلَبِ القُرْبَةِ وَالشَّفَاعَةِ.
🌼 فَدَلِيلُ القُربَةِ قَولُهُ تَعَالَى:
{ وَالَّذِينَ اتَّخَذُوا مِنْ دُونِهِ أَولِيَآءَ ماَ نَعبُدُهُمْ إلَّا لِيَقْرَبُونَآ إِلَّى اللَّهِ زُلْفَى إِنَّ اللَّه يَحْكُمُ بَيْنَهُم فِى مَا هُمْ فِيْهِ يَخْتَلِفُونَ إِنَّ اللَّه لاَيَهْدِى مَنْ هُوَ كَاذِبٌ كُفَّارَ } الزمر:٣
🌼 وَدَلِيلُ الشَّفَاعَة:
قَوْلُهُ تَعَالَى: { وَيَعْبُدُونَ مِنْ دُونِ اللَّه مَا لاَ يَضُرُّهُم وَلاَ يَنْفَعُهُمْ وَيَقُولُونَ هَؤُلآءِ شَفَاعَؤْنَا عِنْدَ اللَّهِ} يونس: ١٨
____________📜
📖 Qaidah kedua:
📣 Sesungguhnya orang-orang kafir quraisy berkata; "Tidaklah kami menyeru dan menghadapkan diri kepada mereka kecuali mencari pendekatan diri pada Allah dan meminta syafa'at."
📌 Dalil yang menunjukkan tujuan mereka adalah mendekatkan diri kepada Allah adalah firman Allah Ta'ala:
🌼 { والذين اتخذوا من دونه أولياء ما نعبدهم إلا ليقربونا إلى الله زلفى إن الله يحكم بينهم فى ما هم فيه يختلفون إن الله لايهدى من هو كاذب كفار } الزمر:٣
📖 "Dan orang-orang yang mengambil pelindung selain Allah berkata, "kami tidak menyembah mereka melainkan supaya mereka mendekatkan diri kami kepada Allah dengan sedekat dekatnya." (Q.S Az-Zumar:3)
💥 Sesungguhnya Allah akan memutuskan diantara mereka antara apa yang mereka berselisih padanya. Sesungguhnya Allah tidak membimbing orang-orang yang pendusta lagi sangat ingkar."
📌Dalil yang menunjukkan tujuan mereka itu adalah meminta syafa'at adalah dari firman Allah Ta'ala:
🌼 { ويعبدون من دون الله ما لا يضرهم ولا ينفعهم ويقولون هؤلاء شفعؤنا عند الله} يونس: ١٨
📖 "Dan mereka beribadah kepada selain Allah yang mana sesembahan tersebut tidak mampu menolak mudharat dan memberi manfa'at. Dan mereka mengatakan, "Sesembahan-sesembahan tersebut pemberi syafa'at di sisi Allah." (Q.S Yunus:18)
➖➖➖➖➖➖
📒Syarah:
🔊Berkata Asy-syaikh Shalih bin Fauzan bin Abdillah Al-fauzan hafidzahullah:
💭Sesungguhnya orang-orang yang Allah menamakan mereka dengan musyrikin dan Allah tetapkan mereka kekal di neraka, tidak menyekutukan Allah dalam hal rububiyyah akan tetapi dalam hal uluhiyyah.
💨Mereka tidak mengatakan bahwa sesembahan-sesembahan mereka menciptakan dan memberi rizki bersama Allah, tidak pula memberi manfaat menolak madharat atau mengatur alam bersama Allah.
☝🏻Namun mereka menjadikan mereka sebagai sesembahan agar mereka memberi syafaat,
sebagaimana firman Allah Ta'ala:
🌼 { ويعبدون من دون الله ما لا يضرهم ولا ينفعهم ويقولون هؤلاء شفعؤنا عند الله} يونس: ١٨
📖 "Dan mereka beribadah kepada selain Allah yang mana sesembahan tersebut tidak mampu menolak mudharat dan memberi manfa'at. Dan mereka mengatakan, "Sesembahan-sesembahan tersebut pemberi syafa'at di sisi Allah."
🌻Firman Allah:
🌼 ( ما لا يضرهم ولا ينفعهم )
🔎 Menunjukkan mereka mengetahui bahwa sesembahan-sesembahan tersebut tidak mampu menolak dan memberi manfaat, hanyalah mereka menjadikan sesembahan-sesembahan tersebut sebagai pemberi syafaat (yaitu; perantara disisi Allah agar terpenuhi kebutuhan mereka).
❌👎🏻Mereka menyembelih dan bernadzar untuk sesembahan-sesembahan tersebut bukan karena keyakinan sesembahan-sesembahan tersebut menciptakan, memberi rizki, memberi manfaat, dan menolak madharat, namun mereka menjadikan sebagai perantara dan pemberi syafaat di sisi Allah.
👆🏼🔥Inilah ideologi orang-orang musyrik.
🌋 Apabila engkau mengajak dialog salah seorang penyembar kubur pada zaman sekarang (zaman Syaikh Shalih Fauzan), dia akan berkata dengan perkataan yang sama persis.
🔗 Dia akan berkata,
"Aku tahu bahwa wali atau laki-laki yang shalih ini tidak mampu menolak mudharat dan memberi manfaat, akan tetapi dia adalah laki-laki shalih dan aku ingin dia memberi ku syafaat di sisi Allah.
👉🏻Syafaat itu ada yang haq dan bathil. Syafaat ya
0 komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.