Minggu, 06 November 2016

Al Mulakhash Fiqh (Fiqh Ringkas) Muqaddimah

┏━━━━━━━━━━━━━━━💧🌷━━┓
          ❝ K.A.J.I.A.N  F.I.Q.H ❞
┗━━🌷💧━━━━━━━━━━━━━━━┛

Kitab: Al Mulakhash Fiqh (Fiqh Ringkas).

Karya: Syaikh Shalih bin Fauzan bin Abdillah Al-Fauzan hafizhahullah.​

اﻟﻤﻘﺪمة
اﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ اﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ، ﻭاﻟﺼﻼﺓ ﻭاﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻰ ﻧﺒﻴﻨﺎ ﻣﺤﻤﺪ ﺧﺎﺗﻢ اﻟﻨﺒﻴﻴﻦ، ﻭﻋﻠﻰ ﺁﻟﻪ ﻭﺃﺻﺤﺎﺑﻪ ﻭﻣﻦ ﺗﺒﻌﻬﻢ ﺑﺈﺣﺴﺎﻥ ﺇﻟﻰ ﻳﻮﻡ اﻟﺪﻳﻦ. ﻭﺑﻌﺪ:
ﻓﻬﺬا ﻣﻠﺨﺺ ﻓﻲ اﻟﻔﻘﻪ، ﻣﻘﺮﻭﻥ ﺑﺄﺩﻟﺘﻪ ﻣﻦ اﻟﻜﺘﺎﺏ ﻭاﻟﺴﻨﺔ، ﻛﻨﺖ ﺃﻟﻘﻴﺘﻪ ﻓﻲ اﻹﺫاﻋﺔ ﻋﻠﻰ ﺣﻠﻘﺎﺕ، ﻭﻗﺪ ﺗﻜﺮﺭ اﻟﻄﻠﺐ ﻣﻤﻦ ﺳﻤﻌﻮﻩ ﻭﺃﻟﺤﻮا ﻋﻠﻲ ﺑﻄﺒﺎﻋﺘﻪ، ﻟﻴﺒﻘﻰ اﻻﻧﺘﻔﺎﻉ ﺑﻪ ﺇﻥ ﺷﺎء اﻟﻠﻪ، ﻭﻣﺎ ﻛﻨﺖ ﺃﻧﻮﻱ ﺫﻟﻚ ﺣﺎﻝ ﺇﻋﺪاﺩﻩ، ﻭﻟﻜﻦ ﻧﺰﻭﻻ ﻋﻨﺪ ﺭﻏﺒﺔ اﻟﻜﺜﻴﺮ، ﺃﻋﺪﺕ اﻟﻨﻈﺮ ﻓﻴﻪ، ﻭﺭﺗﺒﺘﻪ، ﻭﻗﺪﻣﺘﻪ ﻟﻠﻄﺒﺎﻋﺔ.
ﻭﻫﺎ ﻫﻮ ﺑﻴﻦ ﻳﺪﻳﻚ ﺃﻳﻬﺎ اﻟﻘﺎﺭﺉ اﻟﻜﺮﻳﻢ، ﻓﻤﺎ ﻭﺟﺪﺕ ﻓﻴﻪ ﻣﻦ ﺻﻮاﺏ ﻭﻓﺎﺋﺪﺓ، ﻓﺎﻟﻔﻀﻞ ﻓﻴﻪ ﺭاﺟﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﻠﻪ ﻭﺣﺪﻩ، ﻭﻣﺎ ﻭﺟﺪﺕ ﻓﻴﻪ ﻣﻦ ﺧﻄﺄ، ﻓﻬﻮ ﻣﻨﻲ، ﻭﺃﺳﺘﻐﻔﺮ اﻟﻠﻪ.
ﻭﻗﺪ ﻟﺨﺼﺘﻪ ﻣﻦ ﻛﺘﺎﺏ "ﺷﺮﺡ اﻟﺰاﺩ/ اﻟﺮﻭﺽ اﻟﻤﺮﺑﻊ"، ﻭﻣﻦﺣﺎﺷﻴﺘﻪ، ﻟﻠﻌﻼﻣﺔ اﻟﺸﻴﺦ ﻋﺒﺪ اﻟﺮﺣﻤﻦ ﺑﻦ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﻗﺎﺳﻢ، ﻣﻊ ﺑﻌﺾ اﻟﺘﻨﺒﻴﻬﺎﺕ ﻣﻨﻲ ﺇﺫا ﻣﺮﺕ ﻣﻨﺎﺳﺒﺔ.
ﻫﺬا، ﻭﺃﺳﺄﻝ اﻟﻠﻪ ﺳﺒﺤﺎﻧﻪ ﻭﺗﻌﺎﻟﻰ ﺃﻥ ﻳﻮﻓﻘﻨﺎ ﺟﻤﻴﻌﺎ ﻟﻠﻌﻢ اﻟﻨﺎﻓﻊ ﻭاﻟﻌﻤﻞ اﻟﺼﺎﻟﺢ.
ﻭﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻰ ﻧﺒﻴﻨﺎ ﻣﺤﻤﺪ ﻭﺁﻟﻪ ﻭﺻﺤﺒﻪ.

Pertemuan. 1

Muqqodimah Syaikh Shalih Fauzan Bin Abdillah Fauzan Hafizhahullah Dalam Kitabnya Mulakhos Fiqhiy.

Segala puji bagi Allah Rabb semesta alam, shalawat dan salam semoga selalu tercurahkan kepada Nabi kita Muhammad Shalallahu 'alaihi wassalam penutup para nabi, juga kepada keluarganya dan sahabatnya serta pada siapapun yang mengikutinya dengan baik sampai hari kiamat.

Selanjutnya, Kitab berikut ini adalah ringkasan didalam ilmu fiqh disertai dalil- dalilnya berdasarkan kitabullah dan sunnahnya Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam, yang pernah saya sampaikan lewat siaran radio dalam beberapa seri, permintaan kepada saya terus berdatangan dari beberapa pendengar mereka mendesak kepada saya untuk mencetaknya, agar manfaatnya bisa terus dinikmati, Insya Allah.

Sebelumnya saya tidak berniat demikian pada saat menyiapkan pelajaran-pelajaran ini,  Akan tetapi ini sebagai tanggapan untuk memenuhi keinginan khalayak ramai, sehingga saya perlu meneliti kembali, menyusunnya serta menyerahkannya kepada penerbit untuk dicetak segera.

Dan ini hasilnya ada diantara tangan pembaca yang mulia, segala manfaat yang pembaca peroleh dalam kitab ini, semata- mata kembali kepada Allah saja, jika ada kealfaan yang pembaca dapati dalam kitab ini tentunya dari saya dan untuk itu saya meminta ampun kepada Allah.

Saya meringkas buku ini dari kitab Ar Raudhul Murbi' Syarah Zadil Mustaqni' dan Dari Hasyiyahnya ( seperti catatan kaki untuk mengomentari, mengkritik atau menjelaskan ditulis oleh para ulama, pent) yang dikarang oleh Al-Allamah Syeikh Abdurahman bin Muhammad bin Qosim Rahimahullah dengan beberapa catatan dari saya pribadi, jika diperlukan secara kontek bahasanya.

Demikianlah , Saya memohon Kepada Allah ta'ala agar memberikan taufiq untuk kita semua agar memperoleh ilmu bermanfaat serta amal yg shalih.

Semoga shalawat dan salam senantiasa terlimpahkan kepada Nabi kita Muhammad Shalallahu 'alaihi wassalam dan kepada keluarganya dan para sahabatnya.

Bersambung insya Allah..

Diterjemahkan Akhukum Fillah. Abu Amina Al-jawiy Dipondok Yatim Non Yatim Annashihah Cepu Jawa Tengah.

Dipublikasikan; Kamis, 22 Dzulqa'dah 1437 H /25 Agustus 2016 M​.

» http://saalikatmanhajsalaf.blogspot.co.id/
» bit.ly/Saalikat_ManhajSalaf

Majmu'ah Saalikat Manhaj Salaf

This entry was posted in

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.