Kamis, 26 Mei 2016

Taman Orang-Orang yang Jatuh Cinta [9]

Kajian Kitab 

Taman Orang-Orang yang Jatuh Cinta dan Memendam Rindu.

Karya Al Imam Ibnul Qayyim Al Jauziyyah rahimahullah.

         - بسم الله الرحمن الرحيم -

Muqaddimah 9.

🗯Jika kekuasaan buah pikiran terjun ke kancah ia akan mampu menahan pasukan hawa nafsu dan menahannya di penjara. Siapa yang meninggalkan sesuatu karena Allah Allah akan menggantinya dengan sesuatu yang lebih baik, lalu meninggikan pelakunya ke kursi kekuasaan.

Jika nafsu ditaklukkan layaknya hamba sahaya maka ia akan menjadi pohon yang sari makanannya pikiran, cabangnya kesabaran,  rantingnya ilmu,  daunnya akhlak yang baik, buahnya hikmah dan batang nya taufiq serta terhindar dari krisis, permulaan dan akhir semua kembali padanya.

Jika demikian keadaannya, sungguh amat buruk jika dia masih bisa dikalahkan musuhnya, sehingga dia turun dari kekuasaannya dan turun dari kedudukannya, lalu menjadi tawanan yang sebelumnya adalah pemimpin menjadi rakyat jelata, yang sebelumnya adalah penguasa, menjadi pengikut yang sebelumnya adalah seorang yang diikuti.

Siapa yang sabar terhadap hikmah Allah maka Dia akan menempatkannya ditaman-taman kenikmatan seperti yang diharapkannya,  dan siapa yang keluar dari hikmah-Nya maka Dia akan melemparkannya ke jurang kebinasaan.

Wallahu a'lam bish-shawab.

                        🛤🛤🛤🛤🛤

✍ Alih Bahasa: Tim سالكات منهج السلف.

Dipublikasikan:
Jum'at, 15 Shafar 1437H || 27 November 2015M.

Saalikat Manhaj Salaf

https://telegram.me/Saalikat_ManhajSalaf
http://saalikatmanhajsalaf.blogspot.co.id/

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.