Kamis, 26 Mei 2016

Taman Orang-Orang yang Jatuh Cinta [12]

KAJIAN KITAB

Kitab:

Taman Orang-Orang yang Jatuh Cinta dan Memendam Rindu .

Karya: Al Imam Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah rahimahullah.

      - بسم الله الرحمن الرحيم -

            
                                     Muqaddimah 12.

️Wahb bin Munabbih berkata:

Aku membaca di sebagian kitab yang Allah turunkan: "Sesungguhnya syaithan merasa sangat kesulitan memperdayai seorang mu'min yang berakal. Dimana dia bisa menggiring seratus orang yang bodoh menuntun bahkan menunggangi mereka, lalu membawa mereka kemanapun dia mau.

Dia benar - benar kesulitan jika berhadapan dengan mu'min yang berakal ataupun membujuknya untuk mendapatkan sedikit saja apa yang ia inginkan darinya. "

️Dia juga berkata:

" Meruntuhkan gunung sedikit demi sedikit lebih mudah bagi syaithan daripada membujuk orang mu'min yang berakal. Jika dia benar - benar tidak mampu menghadapinya dia akan beralih kepada orang yang bodoh lalu menawannya.

Syaithan dapat menuntunnya hingga menjerumuskannya kepada berbagai macam kehinaan yang dapat ia rasakan di dunia,  seperti hukuman rajam, di potong tangannya, di salib dan dihinakan dengan hinaan-hinaan yang lainnya. Sementara di akhirat dia akan mendapatkan neraka dan aib yang sangat menghinakan.

Boleh jadi dua orang sama dalam kebaikannya namun ada perbedaan yang membedakan antara keduanya, seperti perbedaan antara timur dan barat hanya karena akal yang di miliki masing-masing.

Dan Allah tidak di sembah dengan sesuatu yang lebih baik daripada akal. "*

Wallaahu a'lam bish-shawaab.

Bersambung insya Allah...✍🏼

___________________
Catatan:

*Riwayat ini adalah salah satu riwayat israiliyyat, sebagian orang ada yang berlebihan dalam meriwayatkannya sampai menyandarkannya kepada Nabi sahallaahu 'alaihi wasallaam. Sebagaimana pula hal ini disandarkan kepada Abdullah bin Umar. Al Imam Al-Bani mengatakan dalam kitab beliau dha'iful-jami' (5104): Riwayat ini palsu.

✍ Diterjemahkan oleh: Tim Saalikat Manhaj Salaf .

Dipublikasikan: Jum'at, 5 Rabi'ul Akhir 1437H || 15 Januari 2016M.

Website: http://saalikatmanhajsalaf.blogspot.co.id/

Channel Telegram: bit.ly/Saalikat_ManhajSalaf

Saalikat Manhaj Salaf

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.