Selasa, 31 Mei 2016

Pertemuan ke 19

╔═ ❁📖❁ ═══════════╗
      ❝ KAJIAN   AKIDAH ❞
╚══════ ❁📖❁ ══════╝

Kitab: Syarh Al-Qawaidul Arba'.

Karya Syaikhul Islam Muhammad bin Abdil Wahhab rahimahullah.

✍🏽Pensyarah: Syaikh Shalih bin Fauzan bin Abdillah al-Fauzan hafizhahullah.
------------------------------------🎀

                       بسم اللــــــه الرحمـن الرحـــيم

Lanjutan syarh pertemuan sebelumnya.
_________________

3 berhala tersebut adalah berhala terbesar bangsa arab.

Allah Ta'ala berfirman:

{أفرءيتم اللّات والعزّى• ومناة}

Apakah berhala-berhala tersebut mampu mencukupi kalian walau sedikit saja ? Apakah berhala-berhala tersebut memberi manfaat bagi kalian ? Apakah berhala-berhala tersebut bisa menolong kalian? Apakah berhala-berhala tersebut mampu menciptakan, memberi rizki, menghidupkan, dan mematikan? Apa yang bisa kalian dapatkan dari berhala-berhala tersebut?.

Ini adalah bentuk pengingkaran dan peringatan untuk orang-orang yang berakal agar kembali kepada nalurinya.
Berhala-berhala tersebut hanyalah bebatuan dan pepohonan yang tidak dapat memberi manfaat dan menolak madharat. Berhala-berhala tersebut hanyalah sesuatu yang diciptakan.

Ketika Allah mendatangkan islam dan Rasulullah menaklukkan Makkah Al-Musyarrafah, beliau mengutus Al-Mughirah bin Syu'bah dan Abu Sufyan bin Harb kepada latta di Thaif. Maka kedua shahabat tersebut menghancurkannya dengan perintah Rasulullah.

Beliau juga mengutus Khalid bin Al-Walid kepada uzza, maka Khalid pun menghancurkan dan menebang pohon-pohon tersebut serta membunuh jin wanita yang berada di dalamnya yang dahulu mengajak bicara manusia dan menyesatkan mereka, ia memusnahkannya sampai ke akar-akarnya -segala puji hanya bagi Allah-.

Beliau juga mengirim Ali bin Abi Thalib kepada manat. Ali pun menghancurkan dan memusnahkannya.

Berhala-berhala tersebut tidak dapat menyelamatkan dirinya, maka bagaimana mungkin bisa menyelamatkan para pengikutnya dan para  penyembahnya?!

{أفرءيتم اللّات والعزّى• ومناة الثالثة الأخرى}

⁉Kemana berhala itu pergi? Apakah berhala tersebut bisa memberi manfaat untuk kalian ? Apakah berhala tersebut mampu mencegah
tentara-tentara Allah dan pasukan tauhid?

Maka pada ayat tersebut terdapat dalil bahwa di sana ada yang beribadah kepada pepohonan dan bebatuan. Bahkan ketiga berhala tersebut adalah berhala mereka yang paling besar, namun bersamaan dengan itu Allah menghilangkan keberadaannya dalam keadaan berhala-berhala tersebut tidak dapat menghindarinya, tidak pula memberi manfaat terhadap penyembahnya.

Sungguh Rasulullah menyerang dan memerangi mereka (orang-orang musyrik) dalam keadaan berhala-berhala tersebut tidak mampu melindungi mereka.

Maka pada ayat ini terdapat apa yang syaikh berdalil dengannya yaitu di sana ada yang beribadah kepada bebatuan dan pepohonan.

Yaa subhanallah, manusia itu berakal, namun beribadah pada pepohonan dan bebatuan yang mati, yang tidak berakal, yang tidak bergerak dan tidak hidup, dimana akal-akal manusia? Maha Tinggi Allah dari yang mereka katakan dengan sebenar-benar ketinggian dan kebesaran.

Bersambung insya Allah...

✎Diterjemahkan oleh Ummu Bakr Qonitah Al Windaniyyah, telah dikoreksi oleh Al-Ustadzah Aisyah Ummu Hudzaifah As-Samarindiyyah hafizhahallah.

Saalikat Manhaj Salaf

» http://saalikatmanhajsalaf.blogspot.co.id/
» bit.ly/Saalikat_ManhajSalaf

This entry was posted in

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.