Sabtu, 12 Desember 2015

Asbaab Sa'adatil Usrah (9)

📚KAJIAN BAHTERAKU📚
            [ Pertemuan.9 ]

📓Dari Kitab:

أسباب سعادة الأسرة.

🎀 AGAR RUMAH TANGGA BAHAGIA 🎀

✒Fadhilatus Syaikh Sulaiman bin Salimillah Ar Ruhaili hafizhahullah ta'ala
_______________________

3⃣. SEBAB KETIGA :
📍SUAMI MENEGAKKAN KEPEMIMPINANNYA.

🏡 Di antara sebab kebahagian rumah tangga adalah suami menegakkan kepemimpinannya memimpin istrinya dan membina keluarganya. Sebab Allah Azza wa Jalla telah mengatakan di dalam kitab-Nya yang mulia,

📖 “Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. [An Nisaa: 34]

  🌼⛲️ Kepemimpinan lelaki (qiwamah) ini termasuk dari keindahan-keindahan Islam dan termasuk kesempurnaan nikmat Allah Azza wa Jalla yang diberikan kepada kita. Sebab di dalamnya terdapat kebaikan yang sangat agung. Padanya terdapat keselarasan antara pemikiran suami dengan istrinya.

📌Qiwamah: menyerahkan kepada suami agar suami menjalankan apa yang sekiranya menjadikan baik urusan istrinya.

📝 Syaikh As-Sa'di rahimahullah mengatakan, Allah Taala mengabarkan bahwa para lelaki adalah pemimpin bagi para istri mereka, yakni: memimpin mereka dengan mengharuskan mereka memenuhi hak-hak Allah Taala dengan cara menjaga kewajiban-kewajiban-Nya serta menahan para istri mereka dari berbagai macam kerusakan (mafasid).  Wajib bagi para suami untuk mengharuskan istri-istri mereka menjalankan hal itu dan memimpin mereka dalam masalah itu juga, memberikan nafkah, sandang dan papan kepada mereka.

   🔍Datang riwayat dari ‘Abdullah bin ‘Umar radhiallahu 'anhuma bahwasanya dia mengatakan, “Aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

🌵 كُلُّكُمْ رَاعٍ، وَكُلُّكُمْ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ، ... وَالرَّجُلُ رَاعٍ فِي أَهْلِهِ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ، وَالْمَرْأَةُ رَاعِيَةٌ فِي بَيْتِ زَوْجِهَا وَمَسْئُولَةٌ عَنْ رَعِيَّتِهَا.

☝️🏼“Masing-masing kalian adalah pemimpin dan masing-masing kalian akan dimintai tanggung jawab atas kepemimpinannya, …. Laki-laki adalah pemimpin bagi istrinya dan dia akan dimintai pertanggung jawaban atas kepemimpinannya. Wanita adalah pemimpin dalam rumah suaminya dan dia akan dimintai tanggung jawab atas kepemimpinannya."

👍🏼🏠Lelaki adalah pemimpin keluarga. Wajib baginya menjalankan apa yang sekiranya mendatangkan kebaikan untuk keluarganya. Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam telah bersabda,

📏 مَا مِنْ عَبْدٍ يَسْتَرْعِيهِ اللَّهُ رَعِيَّةً، يَمُوتُ يَوْمَ يَمُوتُ وَهُوَ غَاشٌّ لِرَعِيَّتِهِ، إِلَّا حَرَّمَ اللَّهُ عَلَيْهِ الْجَنَّةَ.

“Tidaklah ada seorang hamba yang diserahi tanggung jawab kepemimpinan kemudian dia mati pada hari kematiannya dalam keadaan mengkhianati orang yang dipimpinnya, melainkan Allah mengharamkan dia masuk ke dalam surga.”

➖(مَا مِنْ عَبْدٍ)

✒️Artinya: setiap hamba

➖(يَسْتَرْعِيهِ اللَّهُ رَعِيَّةً)

✒️Diserahi oleh Allah untuk memimpin rakyat, meskipun hanya satu orang.

➖(يَمُوتُ يَوْمَ يَمُوتُ وَهُوَ غَاشٌّ لِرَعِيَّتِهِ،)

✒️Dia mati pada hari kematiannya dalam berkhianat, yakni tidak memagari orang yang dipimpinnya dengan nasehat.

➖(إِلَّا حَرَّمَ اللَّهُ عَلَيْهِ الْجَنَّةَ)

✒️Melainkan Allah haramkan atasnya surga.

☄Saudara-saudaraku, ini menunjukkan bahwa hal itu termasuk dosa besar yang menimbulkan kemurkaan Allah Azza wa Jalla.

🍃Bersambung Insya Allah.

✍ Alih Bahasa : Al Ustadz. Abu Hudzaifah Ahmad bin Kadiyat حفظه الله.

Dipublikasikan: Sabtu, 23 Shafar 1437H || 05 Desember 2015.

🌸🍂سالكات منهج السلف🍂🌸

📲https://telegram.me/Saalikat_ManhajSalaf

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.