Kamis, 29 Oktober 2015

Mengerahkan kebaikan terhadap sesama

 ✒KAJIAN  AKHLAK✒
           [Pertemuan Ke.8]
---------------- ❁✿❁ -----------------
2⃣ Kedua :
 Mengerahkan kebaikan terhadap sesama
Dan yang dimaksud dengan kebaikan di sini adalah kepemurahan dan kedermawanan,
    〰Yaitu bersikap Pemurah dan Dermawan terhadap sesama.
✋ Kedermawanan bukanlah sebagaimana anggapan sebagian orang, yaitu dengan memberikan harta, bahkan kedermawanan bisa berupa mencurahkan jiwa,jabatan/kedudukan,dan harta demi membantu sesama.
 Apabila kita melihat seseorang membantu orang lain dalam menyelesaikan urusan-urusan mereka,menyampaikan urusan-urusan mereka kepada pihak yang mereka tidak bisa langsung berhubungan dengan pihak tersebut. Ia menyebarkan ilmunya ditengah-tengah manusia,mengerahkan hartanya untuk kemaslahatan manusia,maka kita menyematkan sifat baiknya akhlak kepada orang yang seperti ini,karena ia telah mengerahkan kebaikannya.
 Oleh karena itu Rasulullah -shalallahu 'alaihi wa sallam- bersabda:
"bertakwalah kepada Allah dimanapun engkau berada,dan ikutilah perbuatan buruk dengan perbuatan yang baik,niscaya perbuatan baik itu akan menghapusnya,dan pergaulilah manusia dengan akhlak yang baik." (HR.Ahmad dan Tirmidzi)
 Dan diantara bentuk mempergauli manusia dengan akhlak yang baik adalah :
 Apabila engkau didzalimi dan disakiti,engkau memberi maaf dan berlapang dada kepada orang yang mendzalimi dan menyakitimu.
 Allah memuji orang-orang yang suka memaafkan.
 Allah berfirman tentang para calon penduduk surga :
 وسارعوا إلى مغفرة من ربكم وجنة عرضها السموات والأرض أعدت للمتقين, الذين ينفقون في السراء والضراء والكاظمين الغيظ والعافين عن الناس والله يحب المحسنين
"Dan bersegeralah kalian kepada ampunan dari Rab-mu dan kepada surga yang luasnya seperti seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa. (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya) baik di waktu lapang maipun di kala sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan". (Qs. Ali Imron: 133-134)
☝ Allah juga berfirman  :
  وَأَن تَعْفُوا أَقْرَبُ لِلتَّقْوَى
"dan pemaafan kamu itu lebih dekat kepada takwa."[QS.Al-Baqarah :237 ]
☝Allah juga berfirman  :
 وليعفوا وليصفحوا ألا تحبون أن يغفر الله لكم والله غفور رحيم
"Dan hendaklah mereka memaafkan dan berlapang dada. Apakah kalian tidak ingin bahwa Allah akan mengampuni kalian? Dan sesungguhnya Allah adalah Maha pengampun lagi Maha penyayang."[QS.An-Nur : 22 ]
☝Allah juga berfirman  :
 فَمَنْ عَفَا وَأَصْلَحَ فَأَجْرُهُ عَلَى اللَّهِ
"Maka barangsiapa memaafkan dan berbuat baik maka pahalanya atas (tanggungan) Allah."[QS.Asy-Syûrâ :40]
 Dan setiap manusia yang berhubungan dengan manusia yang lain pasti akan mendapati sesuatu yang mengganggu dan menyakitkan dari mereka.
Maka sikap dalam menghadapi gangguan tersebut adalah dengan memaafkan dan berlapang dada.
 Dan hendaknya ia meyakini dengan seyakin-yakinnya bahwa dengan memaafkan dan berlapang dada serta membalas dengan kebaikan akan bisa mengubah permusuhan yang terjadi antara ia dan saudaranya menjadi persahabatan.
 Allah ta'ala berfirman  :

 وَلاَ تَسْتَوِيْ الْحَسَنَةُ وَلاَ السَّيِّئَةُ ادْفَعْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ فَإِذَا الَّذِيْ بَيْنَكَ وَبَيْنَهُ عَدَاوَةٌ كَأَنَّهُ وَلِيٌّ حَمِيْمٌ
"Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia."[QS.Fusshilat:34]
Wallahul muwaffiq.
  Diterjemahkan dengan sedikit perubahan dari risalah makaarimul akhlak Syaikh Al-Utsaimin -rahimahullah- hal.26-28.
✍ Diterjemahkan oleh: Al Ustadzah. Ummu Hudzaifah As-Samarindiyyah حفظها الله .
سالكات منهج السلف
This entry was posted in

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.