Kamis, 29 Oktober 2015

Muqaddimah kitab Qawa'idul Arba'


📔✏ Kajian Akidah ✏📔
     ....MUQODDIMAH....

📚 Dari kitab : Al Qowaidul Arba' (empat pondasi dalam berakidah)

Karya: Syaikhul islam Muhammad bin abdul wahhab rahimahullah

————————●○○●———————

                    بسم الله الرحمن الرحيم

       📔〰📔〰📔〰📔〰📔

                       ✏___القواعد الأربع

🔰 ( EMPAT PONDASI DALAM BERAQIDAH ) 🔰

    🔊Berkata Asy-Syaikh Sholih bin Fauzan bin Abdillah Al-Fauzan:

📔👈Kitab yang diberi judul  القواعد الأربع ini adalah sebuah karya tulis Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahab.

📔=📙 Kitab ini merupakan risalah tersendiri namun dicetak bersama dengan kitab ثلاثة الأصول agar sampai ke tangan-tangan penuntut ilmu karena kebutuhan yang sangat mendesak.

🔘 Apa itu القواعد ?

🌼 Al qawa'id ( القواعد ) merupakan bentuk jamak dari al qa'idah ( القاعدة ) yaitu pondasi, pokok, asas, yang mana darinya bercabang berbagai permasalahan.

🌼Kandungan dari keempat pondasi yang disebutkan Syaikh رحمه الله adalah mengenal perkara tauhid dan syirik.

🌼 Banyak diantara manusia yang serampangan dalam dua perkara ini (tauhid dan syirik),maka apa pondasi kita dalam memahami tauhid dan syirik? Meraka juga serampangan dalam memahami makna tauhid dan syirik,maka apa itu tauhid ? Dan apa itu syirik ?

👍📔Oleh karena itu wajib bagi kita untuk kembali kepada pijakan kita yaitu Al- Kitab dan As-Sunnah agar pondasi yang kita pegang benar,selamat,dan bersumber pada kitab Allah dan sunnah Rasulullah صلى الله عليه و سلم. Terkhusus dalam memahami dua perkara yang agung ini.

     ✒ Asy-Syaikh رحمه الله tidaklah menyebutkan keempat pondasi ini menurut pendapat dan pemikiran beliau sebagaimana yang banyak dilakukan oleh orang-orang yang sesat. Namun beliau mengambil dari kitab Allah,sunnah Rasulullah صلى الله عليه و سلم  dan perjalanan hidup beliau.

     ⛵ Maka apabila engkau telah mengetahui dan memahami pondasi-pondasi ini, akan mudah bagimu untuk mengenal tauhid yang mana dengan tauhid inilah Allah mengutus Rasul-Nya,dan menurunkan kitab Nya. Dan akan mudah bagimu untuk mengenal syirik yang mana Allah memperingatkan darinya dan menjelaskan bahaya dan kejelekannya di dunia dan di akhirat.

✊👍Perkara tauhid dan syirik ini adalah perkara yang sangat penting. Yang mana ia lebih wajib atasmu dibanding mengetahui hukum-hukum sholat, zakat, dan ibadah-ibadah lainnya,serta seluruh perkara agama. Karena perkara ini adalah perkara yang paling utama, pertama dan pokok. Adapun sholat, zakat, haji, dan ibadah-ibadah lainnya tidak akan sah apabila tidak dibangun di atas aqidah yang benar yaitu tauhid dan ikhlas kepada Allah.

      ✒Bersambung Insya Allah....

                     〰🌹📚🌹〰

Diterjemahkan oleh:
✍ Umm Bakr Qonitah Al-Windaniyyah حفظها الله. Telah diMuraja'ah oleh:Al-Ustadzah. Umm Hudzaifah As-Samarindiyyah حفظها الله.

🌸🍃سالكات منهج السلف🍃🌸

This entry was posted in

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.