Kamis, 29 Oktober 2015

Berakhlak baik dalam Bermuamalah kepada sesama

 KAJIAN AKHLAK 
           [ Pertemuan .7 ]

 BERAKHLAK BAIK DALAM BERMUAMALAH TERHADAP SESAMA
    Setelah kita membahas tentang berakhlak baik dalam bermuamalah kepada Allah Azza wa Jalla,kita akan beralih membahas bagaimana berakhlak baik ketika bermuamalah terhadap sesama.
Al-Hasan Al-Bashri menyebutkan bahwa akhlak yang baik ketika bermuamalah terhadap sesama terangkum pada tiga perkara  :
» كف الأذى و بذل الندى وطلاقة الوجه
 Menahan diri dari mengganggu sesama
 Mengerahkan kebaikan bagi sesama
 Menampakkan wajah yang ceria
                          
Pertama : Menahan diri dari mengganggu sesama
 Yaitu hendaknya seseorang menahan diri dari mengganggu atau menyakiti orang lain, sama saja apakah itu berkaitan dengan harta, atau berkaitan dengan jiwa, atau berkaitan dengan kehormatan dan harga diri.
☝Barangsiapa yang tidak bisa menahan dirinya dari mengganggu atau menyakiti orang lain,maka tidaklah terpuji akhlaknya,bahkan ia termasuk orang yang berakhlak buruk.
Rasulullah -shalallahu 'alaihi wa sallam- telah mengumumkan haramnya perbuatan yang demikian itu di tengah perkumpulan terbesar, yang pada saat itu beliau berkumpul dengan ummatnya, beliau bersabda :
إن دماءكم وأموالكم وأعراضكم عليكم حرام كحرمة يومكم هذا في شهركم هذا في بلدكم هذا
"Sesungguhnya darah-darah kalian, harta-harta kalian dan kehormatan kalian adalah haram atas (sesama) kalian sebagimana haramnya hari kalian ini (hari arafah), di bulan kalian ini (bulan dzulhijjah), dan di negeri kalian ini (Makkah)." (Muttafaqun 'alaihi)
❌Apabila sesorang berlaku aniaya kepada orang lain dengan mengambil hartanya,atau menipunya, atau berkhianat kepadanya, atau memukulnya dan melakukan tindak kejahatan kepadanya, atau mencela dan menggibahinya, maka ini semua bukanlah bentuk akhlak yang baik terhadap sesama, karena dia tidak bisa menahan gangguannya kepada orang lain.
 Dan dosanya akan semakin besar apabila gangguan tersebut engkau tujukan kepada orang yang memiliki hak paling besar atasmu.
Berlaku buruk kepada kedua orangtua lebih besar dosanya dibandingkan kepada selain keduanya.
Berlaku buruk terhadap para kerabat lebih besar dosanya dibandingkan terhadap yang bukan kerabat.
Berlaku buruk kepada tetangga akan lebih besar dosanya dibandingkan kepada mereka yang bukan tetanggamu.
Oleh karena itu Rasulullah -shalallahu 'alaihi wa sallam- bersabda:   
✋"Demi Allah tidaklah beriman,demi Allah tidaklah beriman,demi Allah tidaklah beriman," para shahabat bertanya : "siapa ia wahai Rasulullah? " Beliau menjawab : "Orang yang tetengganya tidak merasa aman dari kejelekan-kejelekannya." (HR.Bukhari)
✒Wallahul muwaffiq
 Diterjemahkan dari risalah makaarimul akhlak Syaikh Al-Utsaimin -rahimahullah- hal.24-26
✍ Alih Bahasa: Al-Ustadzah Umm Hudzaifah As-Samarindiyyah حفظها الله
سالكات منهج السلف
This entry was posted in

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.