Kamis, 29 Oktober 2015

Asbaab sa'adatil usrah [3]

💍 KAJIAN BAHTERAKU 💍
            [ Pertemuan. 3 ]

📚Dari Kitab:

أسباب سعادة الأسرة.

🎀 AGAR RUMAH TANGGA BAHAGIA 🎀

✒Fadhilatus Syaikh Sulaiman bin Salimillah Ar Ruhaili hafizhahullah ta'ala
_______________________

  🌾 "Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman,….” [An Nahl: 97].

👉🏼Dia merealisasikan keimanan dan amal shalih yan disertai keimanan.

🍃 Apa jawaban dari syarat tersebut? Apa balasannya?❔

“Maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” [An Nahl: 97]

〰☝🏽Siapa yang dihidupkan oleh Allah dengan kehidupan yang baik, siapa kiranya yang bisa mengoyak kehidupannya? ❓Apabila Allah yang di tangan-Nya segala urusan terkendali telah menjadikan kehidupannya kehidupan yang bahagia,

〰 Siapa kiranya yang bisa mengoyak kehidupannya?❓Jikalau seandainya jin dan manusia berkumpul untuk mengoyak kehidupannya, tiada mampu menggerakkannya sedikitpun dari kehidupannya yang bahagia.

   💐 Sebab yang membahagiakan kehidupannya adalah Allah Subhanahu wa Ta’ala. Allah ‘Azza wa Jalla juga akan memberikan balasan terbaik untuknya di dunia dan di akhirat.

👉🏼🎁Allah Ta’ala akan memberikan balasan kepadanya dengan balasan yang lebih baik dari apa yang telah dia amalkan di dunia, dengan menjadikan kehidupannya kehidupan yang bahagia. Juga membalasnya di akhirat dengan menjadikan kehidupannya di akhirat kehidupan yang bahagia, dengan menjadikan dia termasuk penghuni surga. Itulah janji Allah ‘Azza wa Jalla.

🌾Siapa yang diberi kehidupan bahagia oleh Allah ‘Azza wa Jalla, Allah akan memberikan sikap qona’ah padanya. Sehingga dia merasa qona’ah dengan kebaikan yang dia dapatkan. Allah ‘Azza wa Jalla juga memberikan padanya ketentraman jiwa.  Sehingga kebahagiaan mengisi relung hatinya dan terpancar menghiasai rumahnya. Hingga orang yang di sekitarnya ikut merasakan bahagia.

〰🏡Jika dia mendapati kelapangan dalam rumahnya dan dari orang-orang yang ada disekitarnya, dia bersyukur.

〰🏠Dan apabila dia mendapati kesempitan di keluarganya dan pada orang-orang yang ada di sekitarnya, dia bersabar dan memaafkan orang-orang yang telah berbuat jelek dari keluarganya.

✋🏻Tidak akan bisa diwujudkan hal itu kecuali oleh orang mukmin. Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

عَجَبًا لِأَمْرِ الْمُؤْمِنِ ....

“Sungguh menakjubkan urusan seorang mukmin….”

👉🏼Perhatikan, wahai saudara-saudaraku, siapa yang merasa takjub? Yang merasa takjub adalah Muhammad bin ‘Abdillah  Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.

عَجَبًا لِأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ! إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ، شَكَرَ، فَكَانَ خَيْرًا لَهُ، وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ، صَبَرَ، فَكَانَ خَيْرًا لَهُ، وَلَيْسَ ذَلكَ إِلَّا لِلْمُؤْمِنِ.

“Sungguh menakjubkan urusan seorang mukmin. Sebab segala urusannya mendatangkan kebaikan untuknya! Jika dia ditimpa kelapangan, dia bersyukur. Jadilah itu kebaikan untuknya. Dan apabila dia ditimpa kesempitan, dia bersabar. Itu pun kebaikan untuknya. Dan tiada bisa dilakukan hal itu kecuali oleh orang mukmin.”

👍🏼Jadi, siapa yang merealisasikan iman, maka akan terealisasi kebahagiaan untuknya dalam urusan yang sangat besar ini.

🎀 Bersambung Insya Allah.

✍ Alih Bahasa: Al-Ustadz. Abu Hudzaifah Ahmad bin kadiyat حفظه الله.

🌸🍃سالكات منهج السلف🍃🌸

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.