Minggu, 26 Juni 2016

Nasyid-Nasyid Islam

Nasyid-Nasyid Islam

Berkata Syaikh Shalih Al Fauzan dalam kitabnya " Al Khuthab Al Minbariyyah juz 3, hal. 184, 185 cet.tahun 1411 H :

" Yang harus diperhatikan:

maraknya dikalangan pemuda-pemuda beragama, kaset-kaset rekaman nasyid dengan lantunan secara bersamaan, yang mereka sebut (nasyid-nasyid islam), ini termasuk jenis lagu.

Bahkan terkadang dilantunkan oleh wanita yang membawa fitnah. Dan dijual bebas di pameran-pameran tasjilat, bahkan digabungkan dengan kaset-kaset murattal dan kajian-kajian islam.

Kita tidak dianjurkan untuk melantunkan nasyid, kita dianjurkan untuk dzikir mengingat Allah, membaca Al Qur'an, dan mempelajari ilmu yang manfaat.

Adapun nasyid, maka hal itu adalah ajaran kelompok bid'ah shufiyyah, yang suka menelantarkan dan mempermainkan agama.

Menganggap nasyid termasuk ajaran agama adalah bentuk menyerupai umat nasrani, yang menjadikan agama dengan menyanyi bersama dan musik-musik.

Maka wajib menjauhi nasyid-nasyid ini, tidak menjual dan mempublikasikannya, ditambah lagi efek-efek yang timbul dari nasyid-nasyid tersebut, yaitu tersulutnya fitnah berupa tindakan-tindakan arogan dan perpecahan kaum muslimiin. Mungkin orang-orang yang suka mempromosikan nasyid-nasyid berdalil:

bahwa Nabi sallallahu alaihi wa sallam dilantunkan sya'ir disamping Beliau, Beliau bahkan mendengarkannya dan mendekatkannya.

Jawabannya adalah : sya'ir-sya'ir yang disenandungkan disamping Nabi sallallahu alaihi wa sallam tidak dilantunkan secara berjama'ah disertai dengan irama lagu. Dan tidak disebut sebagai nasyid-nasyid islam, tapi disebut dengan sya'ir-sya'ir Arab yang mengandung hikmah dan permisalan-permisalan, serta anjuran untuk berani dan mulia.

Para sahabat, mereka membaca sya'ir sendiri-sendiri, karena makna yang terkandung didalamnya. Mereka juga melafadzkannya ketika letih bekerja keras seperti membangun bangunan, safar diwaktu malam.
Hal ini menunjukkan bolehnya melantunkan jenis sya'ir ini pada kondisi kondisi tertentu, dan tidak menjadikannya sebagai ajang pendidikan dan dakwah sebagaimana hal itu terjadi sekarang, dimana murid-murid diajari nasyid dan menyebutnya dengan "nasyid-nasyid islam", " nasyid-nasyid religi ".

Hal ini adalah bid'ah dalam agama, termasuk ajaran kelompok bid'ah Shufiyah, mereka adalah kelompok yang dikenal suka menjadikan nasyid sebagai agama.

Maka wajib untuk waspada dengan penyusupan ini, dan melarang peredaran kaset-kaset nasyid, karena kejelekan bermula sedikit demi sedikit, kemudian bisa membesar dan berkembang apabila tidak segara dipangkas diawal munculnya.

Kitab Al Ajwibah Al Mufiidah 'an Asilatil Manaahij Al Jadiidah hal. 21,22.

                           ***

⚡الأناشيد الإسلامية⚡

قال الشيخ صالح الفوزان في كتابه "الخطب المنبرية" (3/184-185)(ط1411ه)،مانصه:

🌀"ومما ينبغي التنبيه عليه : ماكثر تداوله بين الشباب المتدينين من أشرطة مسجل عليها أناشيد بأصوات جماعية يسمونها :(الأناشيد الإسلامية ) وهي نوع من الأغاني ، ؟ربما تكون بأصوات فاتنة، وتباع في معارض التسجيلات مع أشرطة تسجيل القرآن الكريم ،و المحاضرات الدينية .

🌀 لا يشرع لنا الأناشيد ، وإنما شرع لنا ذكر الله،وتلاوة القرآن ، وتعلم العلم النافع

💥أما الأناشيد فهي من دين الصوفية المبتدعة ، الذين اتخذوا دينهم لهوا و لعبا ، واتخاذ الأناشيد من الدين فيه تشبه بالنصارى ، الذين جعلوا دينهم بالترانيم الجماعية و النغمات المطربة .

💥فالواجب الحذر من هذه الأناشيد ،ومنع بيعها و تداولها ،علاوة على ما قد تشتمل عليه هذه الاناشيدمن تهييج الفتنة بالحماس المتهور ، و التحريش بين المسلمين .

و قد استدل من يروج هذه الاناشيد : بأن النبي صلى الله عليه وسلم كانت تنشد عنده الأشعار ، ويستمع إليها ،ويقربها .

و الجواب عن ذلك : أن الأشعار التي كانت تنشد عند رسول الله صلى الله عليه وسلم ليست تنشد بأصوات جماعية على شكل اغان ، و لاتسمى "أناشيد إسلامية " وإنما هي أشعار عربية تشتمل على الحكم و الأمثال ،ووصف الشجاعة و الكرم، و كان الصحابة ينشدونها أفرادا ؛ لأجل مافيها من هذه المعاني ، وينشدون بعض الأشعار وقت العمل المتعب كالبناء ، و السير في الليل في السفر ، فيدل هذا على إباحة هذا النوع من الإنشاد في مثل هذه الحالات خاصة ، لا على أن يتخذ فنا من فنون التربية و الدعوة ، كما هو الواقع الآن ؛ حيث

يلقن الطلاب هذه الأناشيد و يقال عنها :"أناشيد إسلامية" ، "أناشيد دينية"

💥وهذا ابتداع في الدين ، وهو من دين الصوفية المبتدعة ؛ فهم الذين عرف عنهم اتخاذ الأناشيد دينا.

💥فالواجب التنبه لهذه الدسائس ،و منع بيع هذه الأشرطة ؛ لأن الشر يبدأ يسيرا ، ثم يتطور و يكثر إذا لم يبادر بإزالته عند حدوثه "

📚كتاب الأجوبة المفيدة عن أسئلة المناهج الجديدة  صفحة (21-22).

✍ Diterjemahkan oleh: Al Ustadz. Abu 'Amr As Sidawiy عفا الله عنه.

Faidah kiriman dari Al Ustadzah Umm Ishaq Al Bantuliyyah عفا الله عنها, yang diambil dari:
مجموعة صوتيات و مرئيات سلفية

Dipublikasikan:
Ahad, 03 Shafar 1437H|| 15 November 2015.

🌸🍂سالكات منهج السلف🍂🌸

📟https://telegram.me/Saalikat_ManhajSalaf
🌍 http://saalikatmanhajsalaf.blogspot.co.id/

This entry was posted in

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.